Selasa, 07 Juni 2011

GEOGRAFI SOSIAL


Pengertian dan Indikator Perencanaan Sosial
Pengertian perencanaan sosial
Perencanaan berarti memperhitungkan sesuatu untuk memenuhi masa yang akan datang.
  • Ø  Menurut Watson, Perencanaan adalah proses yang mengubah proses lain atau mengubah suatu keadaan untuk mencapai maksud yang dituju oleh perencana.
  • Ø  Perencanaan merupakan bagian dari proses pengambilan keputusan yang amat komplek berupa perumusan tujuan kebijakan dan sasaran secara luas. Tujuan kebijakan ini diterjemahkan dalam bentuk rencana yang lebih rinci (Conyers, 1994 :32)
Perencanaan meliputi :
§  Analisa, yaitu mengadakan kupasan tentang data yang sudah terkumpul
§  Kebijakan (policy), yaitu pemilihan rencana yang baik untuk pelaksanaan yang meliputi : pengetahuan mengenai maksud dan kriteria untuk menelaah alternatif-alternatif rencana
§  Rancangan atau desain, yaitu rumusan dan sajian rencana
Menurut sosiolog, suatu perencanaan sosial harus didasarkan pada pengertian yang mendalam tentang bagaimana kebudayaan berkembang dari taraf rendah ke taraf yang modern dan komplek dimana dikenal industri, peradaban kota dan selanjutnya.
Selain itu harus pula ada pengertian terhadap hubungan manusia dengan alam sekitar, hubungan antara golongan – golongan dalam masyarakat dan pengaruh – pengaruh penemuan – penemuan baru terhadap masyarakat dan kebudayaaan.
Perencanaan sosial dari sudut sosiologi merupakan alat untuk mendapatkaan perkembangan sosial. Yaitu dengan jalan menguasai serta memanfaatkan kekuatan alam dan sosial serta menciptakan tata tertib sosial , melalui mana perkembangan masyarakat terjamin kelangsungannya.
Perencanaan sosial bertujuan pula untuk menghilangkan atau membatasi keterbelakangan unsur – unsur kebudayaan material dan teknologi.
Suatau gejala dewasa ini adalah bahwa timbulnya masalah sosial disebabkan oleh keterbelakangan tersebut di atas. Penyalahgunaan sumber – sumber alam, demoralisasi kehidupan keluarga , angka – angka kejahatan yang tinggi sakit jiwa, merupakan akibat dari keterbelakangan tadi.
Perencanaan sosial dalam geografi sosial adalah perencanaan untuk penduduk dalam ruang yang menyangkut gejala, keadaan dan proses sosial.
Perencanan sosial mempunyai cakupan bidang pendidikan, kesehatan, perumahan, jaminan sosial dan pelayanan sosial individual. Perencanaan sosial bukanlah semata mata menjadi tugas para ahli dan petugas negara , akan tetapi memerlukan dukungan mansyarakat, karena masyarakat tersangkut di dalamnya. Suatu perencanaan sosial tak akan berarti banyak, apabila idividu tidak belajar untuk menelaah gejala – gejala sosial secara objektif sehingga dia dapat turut serta dalam perencanaan tersebut
Menurut Ogburn dan Nimkoff, prasyarat suatu perencanaan sosial yang efektif adalah :
1.     Adanya unsur modern dalam masyarakat yang mencakup suatu sistem ekonomi dimana telah dipergunakan uang, urbanisasi yang teratur, inteligensia di bidang teknik dan ilmu pengetahuan dan suatu sistem administrasi yang baik.
2.    Adanya sistem pengumpulan keterbelakangan dan analisis yag baik
3.    Terdapatnya sikap publik yang baik terhadap usaha – usaha perencanaan sosian tersebut.
4.    Adanya pimpinan ekonomis dan politik yang progresif.

Indikator perencanaan sosial
Dalam perencanaan sosial, pendekatan indikator spasial harus ditekankan karena perencanaan tersebut unt5uk kepentingan penduduk yang ada dalam ruang tersebut, Indikator sosial yang di acu adalah :
1.     Indikator informatif, yaitu deskripsi tentang kondisi sosial pada waktu dan tempat tertentu
2.    Indikator prediktif yaitu indiktor informatif yang duhubungkan atau dikaitkan dengan model perubahan sosial
3.    Indiktor yang berorientasi masalah, yaitu pengukuran kuantitatif masalah – masalah khusus, yang dirancang untuk memberikan dasar keputusan kebijakan.
4.    Indikator evaluasi program, yaitu pemantauan alat/ perlengkapan untuk mengukur kemajuan dan efektifitas kebijakan – kebijakan yang khusus
Terdapat tiga aspek pada perencanaan sosial, yatu :
1.     Pemantauan implikasi bsosial dari perencanaan fisik dan rekayasa sosial
2.    Identifikasi daerah – daerah yang bermasalah sosial dan usaha memperbaiki kondisinya, atau perencanaan, perbaikan atau perspektif masalah – masalah sosial
3.    Promosi fasilitas sosial dan kesejahteraan untuk memenuhi kebutuhan sosial yang ditetapkan atau perencanaan pengembangan sosial
Dalam semua aspek ini yang diperhatikan perencana adalah distribusi spasial dari sumber daya yang langka. Dalam perencanaan sosial banyak faktor yang hars diperhatikan, terutama yang mendukung tercapainya kesejahteraan penduduk.

Daftar Pustaka
Banowati, Eva. 2009. Geografi Sosial. Semarang : Universitas             Negeri Semarang
Soekanto, Soerjono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta:          Rajawali Pers
Soetomo. 2008. Masalah Sosial dan Upaya Pemecahannya.      Yogyakarta: Pustaka Pelajar


2 komentar:

  1. JTG Promo Code - Bet $1 Win $200 in $2021 Online
    JTG is a new 나주 출장샵 online sports betting 원주 출장마사지 platform that offers 경주 출장마사지 real money contests and real money prizes. 동두천 출장마사지 The site offers a 포천 출장안마 wide range of sports and casino

    BalasHapus